Montir Rumahan

montir rumahan banyak yang lebih berpengalaman

Wednesday, 4 November 2015

Motor Injeksi ( ISC Mioj dibikin manual )

INJEKSI MOTOR. ISC MIO J DIBUAT MANUAL

                                   CARA KERJA ISC MIO J DI BUAT MANUAL
Assalamungalaikum temann seprovesi.

Aku mau berbagi pengalaman ku selama menjadi montir bengkel alit(kecil) yang biasa memperbaiki masalah masalah motor dengan akal akalan untuk menghemat biaya.
Disini mau menceritakan pengalaman selama saya menjadi montirdalam memperbaiki atau menservice motor.

Pertama aku mendengar, bahwa sekarang motor pengeluaran baru akan memakai sistem injeksi semua,kata temen seprovesi, sistem injeksi tidak bisa di servis dengan cara manual memang sistamnya tidak dapat dikerjakan dengan manual karena semua komponen kelistrikan telah diatur oleh ECU ( Engine Control Unit )                                                                                                          
Aku mempunyai trik untuk mengubah kekawatiran diriku sendiri, semoga dapat membagi cara ku kepada teman teman untuk mengatasi problem cara mengatasi sistem injeksi secara manual.
DARI PENGALAMAN AKU
Ini kasus MIO J ga bisa langsam atu suara mesin ga bisa pelan kalau di bawa jalan terasa getar and membuat bahan bakar menjadi BOROS. cara mengatasinya? aku buka jok aku bunyikan dulu  ternyata penyakitnya ada pada ISC ( Idle Speed Control ) kemudian aku buka ISCnya yang terletak pada sebelah thortle. Gambar ISC
 Lubang ISCnya aku bersihi pakai katembat yang dibasahi bensin  dan ujung sensornya dibersihin juga  ISC ini bekerja karena perintah ECU . Cara kerja ISC ini apabila kontak dinyalakan atau di ON dia akan berputar masuk kedalam dan apabila kontak di OFFkan dia akan puta sebaliknya , ISC ini menurut aku kalau disamakan dengan karburasi motor biasa mengatur angin masuk. Apabila motor MIO J terjadi hal hal
seperti : Mesin matian , ngadat , atau mesin enggabisa pelan waktu setasioner. Biasanya ISCnya kotor
atau kemungkinan penyakitnya karena motor dikasih alat variasi yang berhubungan dengan kelistrikan jadi akan berakibat ECUnya tidak  bisa ngontrol. Jadi akan menyebabkan ISCnya tidak kekontrol dengan sempurna dan apa bila kontak di nyalakan dan kemudian dimatikan putaranya sudah tidak setabil , akhirnya menyebabkan mesin ngadat, atau tidak bisa langsam kecil.dan apabila dibawa jalan mesin terasa kasar menyebabkan tangan cepat semutan. 
Untuk menangani ini sebaiknya bawa kediler untuk penyetelan ulang untuk mereset lagi.
biasanya kalau sudah direset motor kembali enak tapi lo masih terdapat variasi yang berhubungan dengan kelistrikan lama kelamaan  akan kembali seperti semula. Untuk mengatasi supaya tidak bolak balik mereset aku punya trik secara manual.
CARA ISC DI BUAT MANUAL
Aku lepas ISCnya kemudian aku lepas ujung sensornya dengan cara diputar kekiri kemudian masukan ujung sensornya. Alat ini yang memutar masuk apabila kontak dihidupkan dan memutar balik apabila kontak dimatikan. Jangan lupa per yang didepanya dimasukan seperti biasa. Kita buat tempat atau alat penyetelan memakai buad yang bisa memutar supaya bisa mendorong masuk ujung sensor apabila dikencangkan dan otomatis bisa balik apa bila baud diputar kekiri. Atau buat baud seperti penyetelan kopling, usahakan rapat supaya air tidak msuk kelubang sensor. Setelah selesai pasang lagi , jangan terlalu masuk kedal;am dulu ujung sensor supaya mesin mudah bunyi apabila mesin dihidupkan. Setelah bunyi mulailah mengatur RPM atau suara mesin yang kita inginkan waktu penyetelan lampu dihidupkan , cari suara mesin yang paling pelan dan tidak matian.                          
Putar baud kekiri dan kekanan untuk mencari mesin yang stabil,                                                           
kemudian kunci baud penyatelan dengan mur supaya baud tidak memutar sendiri karena kena getaran mesin,  Trik ini sudah ane buktikan sendiri, Alhasil memuaskan, motor kembali normal dan dipakai waktu jalan mesin halus dan sudah tidak kasar  penyakit bablasss...dan yang paling penting bahan bakar tambah IRIT.                                                                                                                                  

CATATAN: Alat ISCnya / yang untuk memutar ujung sensor soket tetap dipasang.
bunkus dengan plastik atau apalah yang penting usahakan
bisa tetap memutar karena untuk menjaga lampu indikatornya tetap normal.
Itulah sekilas pengalaman saya memperbaiki MIO J dengan cara manual.
TERIMA KASIH. 
dan mohon maaf apabila ada  kalimat yang kurang jelas.

No comments:

Post a Comment