INJEKSI MOTOR. ISC MIO J DIBUAT MANUAL
CARA KERJA ISC MIO J DI BUAT MANUAL
Assalamungalaikum temann seprovesi.
Aku mau berbagi pengalaman ku selama menjadi montir bengkel alit(kecil) yang biasa memperbaiki masalah masalah motor dengan akal akalan untuk menghemat biaya.
Disini mau menceritakan pengalaman selama saya menjadi montirdalam memperbaiki atau menservice motor.
Pertama aku mendengar, bahwa sekarang motor pengeluaran baru akan memakai sistem injeksi semua,kata temen seprovesi, sistem injeksi tidak bisa di servis dengan cara manual memang sistamnya tidak dapat dikerjakan dengan manual karena semua komponen kelistrikan telah diatur oleh ECU ( Engine Control Unit )
Aku
mempunyai trik untuk mengubah kekawatiran diriku sendiri, semoga dapat
membagi cara ku kepada teman teman untuk mengatasi problem cara
mengatasi sistem injeksi secara manual.

Lubang
ISCnya aku bersihi pakai katembat yang dibasahi bensin dan ujung
sensornya dibersihin juga ISC ini bekerja karena perintah ECU . Cara
kerja ISC ini apabila kontak dinyalakan atau di ON dia akan berputar
masuk kedalam dan apabila kontak di OFFkan dia akan puta sebaliknya ,
ISC ini menurut aku kalau disamakan dengan karburasi motor biasa
mengatur angin masuk. Apabila motor MIO J terjadi hal hal
Assalamungalaikum temann seprovesi.
Aku mau berbagi pengalaman ku selama menjadi montir bengkel alit(kecil) yang biasa memperbaiki masalah masalah motor dengan akal akalan untuk menghemat biaya.
Disini mau menceritakan pengalaman selama saya menjadi montirdalam memperbaiki atau menservice motor.
Pertama aku mendengar, bahwa sekarang motor pengeluaran baru akan memakai sistem injeksi semua,kata temen seprovesi, sistem injeksi tidak bisa di servis dengan cara manual memang sistamnya tidak dapat dikerjakan dengan manual karena semua komponen kelistrikan telah diatur oleh ECU ( Engine Control Unit )

DARI PENGALAMAN AKU
Ini kasus MIO J ga bisa langsam atu suara mesin ga bisa pelan kalau di bawa jalan terasa getar and membuat bahan bakar menjadi BOROS. cara
mengatasinya? aku buka jok aku bunyikan dulu ternyata penyakitnya ada
pada ISC ( Idle Speed Control ) kemudian aku buka ISCnya yang terletak
pada sebelah thortle. Gambar ISC


seperti : Mesin matian , ngadat , atau mesin enggabisa pelan waktu setasioner. Biasanya ISCnya kotor
atau kemungkinan penyakitnya karena motor dikasih alat variasi yang
berhubungan dengan kelistrikan jadi akan berakibat ECUnya tidak bisa
ngontrol. Jadi akan menyebabkan ISCnya tidak kekontrol dengan sempurna
dan apa bila kontak di nyalakan dan kemudian dimatikan putaranya sudah
tidak setabil , akhirnya menyebabkan mesin ngadat, atau tidak bisa
langsam kecil.dan apabila dibawa jalan mesin terasa kasar menyebabkan
tangan cepat semutan.
Untuk menangani ini sebaiknya bawa kediler untuk penyetelan ulang untuk mereset lagi.
biasanya kalau sudah direset motor kembali enak tapi lo masih terdapat
variasi yang berhubungan dengan kelistrikan lama kelamaan akan kembali
seperti semula. Untuk mengatasi supaya tidak bolak balik mereset aku
punya trik secara manual.
CARA ISC DI BUAT MANUAL
Aku lepas ISCnya kemudian aku lepas ujung sensornya dengan cara diputar
kekiri kemudian masukan ujung sensornya. Alat ini yang memutar masuk
apabila kontak dihidupkan dan memutar balik apabila kontak dimatikan.
Jangan lupa per yang didepanya dimasukan seperti biasa. Kita buat tempat
atau alat penyetelan memakai buad yang bisa memutar supaya bisa
mendorong masuk ujung sensor apabila dikencangkan dan otomatis bisa
balik apa bila baud diputar kekiri. Atau buat baud seperti penyetelan
kopling, usahakan rapat supaya air tidak msuk kelubang sensor. Setelah
selesai pasang lagi , jangan terlalu masuk kedal;am dulu ujung sensor
supaya mesin mudah bunyi apabila mesin dihidupkan. Setelah bunyi
mulailah mengatur RPM atau suara mesin yang kita inginkan waktu
penyetelan lampu dihidupkan , cari suara mesin yang paling pelan dan
tidak matian.
Putar baud kekiri dan kekanan untuk mencari mesin yang stabil,
kemudian kunci baud penyatelan dengan mur supaya baud tidak memutar
sendiri karena kena getaran mesin, Trik ini sudah ane buktikan sendiri,
Alhasil memuaskan, motor kembali normal dan dipakai waktu jalan mesin
halus dan sudah tidak kasar penyakit bablasss...dan yang paling penting
bahan bakar tambah IRIT.
CATATAN: Alat ISCnya / yang untuk memutar ujung sensor soket tetap dipasang.
bunkus dengan plastik atau apalah yang penting usahakan
bisa tetap memutar karena untuk menjaga lampu indikatornya tetap normal.
Itulah sekilas pengalaman saya memperbaiki MIO J dengan cara manual.
TERIMA KASIH.
dan mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang jelas.
No comments:
Post a Comment